Saturday, March 22, 2014

Gawat! Mantan Karyawan Microsoft Ditahan Karena Membocorkan Update Windows 8 RT

Mantan Senior Architect Microsoft yang saat ini bekerja sebagai Director of Product Management di 5nine Software, Alex Kibkalo, telah ditangkap karena dianggap melakukan pencurian informasi rahasia Windows. Pria berkebangsaan Rusia ini ditangkap hari rabu waktu setempat.

Gawat! Mantan Karyawan Microsoft Ditahan Karena Membocorkan Update Windows 8 RT

Gawat! Mantan Karyawan Microsoft Ditahan Karena Membocorkan Update Windows 8 RT

Alex Kibkalo adalah mantan karyawan Microsoft di Lebanon. Dia bekerja di Microsoft selama 7 tahun mulai dari 2005 hingga 2012. Di tahun 2012 kinerjanya dianggap jelek dan diharuskan untuk mengundurkan diri jika tidak mampu meningkatkan performa kerjanya.

Mungkin karena merasa sakit hati, Alex Kibkalo membocorkan beberapa rahasia Windows kepada seorang blogger dari Perancis. Dia mengupload leak update Windows 8 RT dan Microsoft Activation Server SDK ke akun SkyDrive miliknya, kemudian memberikan aksesnya kepada blogger Perancis tersebut. Sang blogger akhirnya memposting screenshot dari leak update Windows 8 RT tersebut ke publik melalui website dan akun Twitternya.

Microsoft meyakini bahwa Alex Kibkalo mengirimkan Microsoft Activation Server SDK ke blogger tersebut dan mendesak dia untuk membagikannya ke publik agar banyak orang bisa merilis crack aktivasi Windows 8 dan produk Microsoft lainnya.

Dari hasil perburuan yang dilakukan oleh FBI, Alex Kibkalo diketahui bertemu dengan sang blogger melalui sebuah komunitas online. Mereka berdua kemudian chatting melalui instant messenger pada 2 Agustus 2012 lalu:

Alex Kibkalo   : “Aku akan membocorkan versi enterprise hari ini.”
Blogger           : “Hmmm…apakah kamu serius akan melakukannya? Membocorkan salinan Windows itu tindakan ilegal. Lol.”
Alex Kibkalo   : “Ya aku tahu :)”

Alex Kibkalo kemudian menyusup ke Building 9 di kampus Redmond Microsoft dan mengcopy isi dari sebuah server.

Ditangkapnya Alex Kibkalo ini terjadi bersamaan dengan menghilangnya WZor dari dunia maya. Apakah kedua peristiwa ini ada hubungannya?

Mungkinkah Alex Kibkalo adalah WZor yang sangat rutin membagikan leak Windows yang memang langsung bersumber dari Microsoft?


Ya..bisa jadi Alex Kibkalo yang berkebangsaan Rusia itu adalah WZor. Tetapi bisa jadi juga menghilangnya WZor dari dunia maya adalah efek domino dari ditangkapnya Alex Kibkalo. Jika Alex Kibkalo dan WZor adalah orang yang berbeda, maka menghilangnya WZor mungkin hanya diakibatkan oleh rasa takut mendapatkan nasib yang sama dengan Alex Kibkalo.

0 komentar:

Post a Comment