Monday, April 7, 2014

Microsoft Menjadikan Windows Library untuk JavaScript (WinJS) Menjadi Open Source

Microsoft Menjadikan Windows Library untuk JavaScript (WinJS) Menjadi Open Source

Tanggal 4 April kemarin source code Windows Library untuk JavaScript (WinJS) telah dirilis menjadi open source. Microsoft Open Technologies (MS Open Tech) telah mengubah lisensi WinJS menjadi open source dengan mengacu kepada lisensi Apache 2.0. Kini source code WinJS bisa kamu akses melalui GitHub, dimana kamu bisa menggunakan, memberi feedback, maupun berkontribusi terhadap pengembangannya.

WinJS adalah JavaScript library yang awalnya dibuat untuk mengembangkan aplikasi native Windows 8 dengan menggunakan teknologi web seperti HTML, CSS, dan JavaScript. WinJS memiliki infrastruktur yang lengkap dan berkualitas meliputi page controls, promises, dan data binding. Didalamnya juga sudah dilengkapi dengan kemampuan kontrol UI seperti ListView, FlipView, dan sematic zoom.

Microsoft Menjadikan Windows Library untuk JavaScript (WinJS) Menjadi Open Source

Pengembangan WinJS berlanjut ke WinJS 2.0 yang diperkenalkan bersamaan dengan Windows 8.1. Di versi ini performa WinJS sudah ditingkatkan dan menjadi lebih fleksibel bagi desainer dan developer. Bahkan hari ini melalui event BUILD 2014 Microsoft juga merilis WinJS 2.1 yang ditujukan untuk Windows Phone 8.1 dan membuatnya menjadi support untuk device berukuran kecil.

Kini dengan dirilisnya WinJS menjadi open source, maka WinJS bakal mendukung platform lain seperti iOS dan Android, serta mendukung pula browser populer lainnya seperti Chrome dan Firefox. Pengembangannya kini juga menjadi lebih transparan, dimana kamu dan komunitas developer lainnya bisa berkontribusi untuk membuat WinJS menjadi lebih baik.

2 comments: