Sunday, February 23, 2014

Support Windows XP Akan Habis 50 Hari Lagi

Akhirnya masa keemasan sang legenda OS – Windows XP – akan berakhir sudah. Masa support OS yang sudah berumur 12 tahun ini akan segera habis dalam waktu 50 hari kedepan. Itu hanyalah kurang dari 2 bulan dan bukanlah masa yang panjang.


Tepat pada 8 April 2014 mendatang Microsoft akan langsung menghentikan support terhadap XP dan penggunanya tidak akan lagi menerima update security, hotfix, opsi support baik gratis maupun berbayar, bahkan artikel update dari Microsoft. Microsoft memastikan tidak akan lagi memperbaiki dan memberikan patch di core kernel Windows XP.

Microsoft mengingatkan bahwa dengan tetap menggunakan XP setelah masa supportnya berakhir akan membawa kita kepada resiko yang besar. Hacker bisa menemukan zero-day eksploit di Windows XP dan menggunakan celah tersebut untuk menyerang XP yang tidak akan pernah di patch lagi oleh Microsoft.

Dari data terakhir yang WinPoin dapatkan, Windows XP saat ini masih menjadi OS terpopuler kedua di dunia dengan market share sebesar 28.98 persen. Jumlah ini bukanlah jumlah yang kecil. Microsoft sendiri pernah berujar bahwa mereka akan menghabiskan jumlah pengguna XP yang tersisa hingga dibawah 10 persen.


Namun demikian Google Chrome dan Mozilla Firefox tetap berencana untuk mengupdate browser mereka agar tetap support XP, setidaknya untuk setahun kedepan.

Jika Anda adalah pengguna XP, sebaiknya Anda mulai bersiap-siap yah dari sekarang.

0 komentar:

Post a Comment